MNC Peduli Dukung Siswa MI dan SD di Desa Banyuanyar Melek Digital

Selasa, 17 Mei 2022

BOYOLALI - Pemerintah Desa Banyuanyar, Boyolali, Jawa Tengah telah menyediakan akses jaringan wifi gratis bagi warganya. Tujuannya adalah agar warga Desa Banyuanyar dapat mempermudah akses memperoleh menyebarkan informasi desa secara cepat. Tidak terkecuali pelajar yang mengakses menggunakan gawai sebagai sarana pembelajaran.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan pengenalan digitalisasi kepada masyarakat, MNC Peduli melalui program #generasicerdas anakbangsa mendukung kegiatan pemerintah desa dan institusi pendidikan di lingkup desa dalam memberikan pembelajaran dan pemahaman tentang manfaat digitalisasi sejak dini kepada para pelajar. 

Kegiatan ini dilakukan agar generasi muda sebagai generasi penerus bangsa yang cakap dan tanggap terhadap perubahan khususnya dunia digitalisasi dapat  memaksimalkan pemanfaatan media digital menggunakan gawai (telepon genggam) secara positif.

Salah satu kegiatan yang juga mempublikasikan kearifan lokal adalah dengan dibuatnya pelatihan membuat konten  media digital yang mengangkat potensi desa banyuanyar, yaitu kopi Nangka Banyuanyar.

Pelatihan kali ini diikuti oleh puluhan pelajar  dari MI dan SD dan warga  Desa Banyuanyar di lingkungan gedung IKM pada Selasa (17/05/2022).

Kepala Desa (Kades) Banyuanyar, Komarudin mengatakan, pelatihan tersebut sangat penting agar siswa bisa menggunakan gadget-nya dengan baik sehingga bermanfaat.

Apalagi, lanjut Komarudin, saat ini Desa Banyuanyar telah memiliki sarana internet gratis yang sudah terpasang sejak beberapa tahun lalu.

"Dari internet gratis tersebut, seluruh warga bisa mengakses internet, tak terkecuali anak-anak," ujar Komarudin, Selasa (17/5/2022).

Dalam kesempatan kegiatan ini juga dilakukan pelatihan  penanaman pohon kopi  nangka sebagai kopi khas Desa Banyuanyar yang tujuannya mengedukasi dan menanamkan rasa memiiliki akan sumber alam potensi desa kepada kepada generasi muda di Desa Banyuanyar.