Cegah stunting, MNC Peduli adakan penyuluhan Gizi Ibu dan Anak

Muara Gembong, 2020 - Di era pandemi covid 19 saat ini, masa tumbuh kembang anak tidak bisa diabaikan begitu saja, karena anak tetap tumbuh dan dibutuhkan peran orang tua agar kebiasaan baru saat pandemi tidak mempengaruhi perkembangan tumbuh kembang anak. Bila dibiarkan dikhwatirkan akan berdampak pada tumbuh kembang anak baik secara fisik maupun psikis.
 
Masa pandemi covid 19 berpengaruh di segala aspek kehidupan termasuk adaptasi kebiasaan baru yang berdampak pada pemenuhan hak - hak anak, yaitu hak di pendidikan, kesehatan dan imunisasi. Kebijakan pemerintah untuk tetap di rumah dan belajar secara daring juga membuat sejumlah hak anak seperti bermain , bersosialisasi dan adaptasi menjadi terkendala.
 
MNC Peduli di Desa Pantai Bakti sebagai desa binaan rutin melaksanakan pemeriksaan dan penyuluhan gizi yang baik kepada Ibu dan Anak untuk pencegahan stunting bekerjasama  dengan Posyandu setempat.
 
Isu stunting sendiri merupakan permasalahan yang tak kunjung usai bagi masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Meskipun angka stunting di Indonesia sudah menurun hingga mencapai 27,6 persen pada tahun 2019, tetapi masih belum bisa memenuhi standar World Health Organization (WHO) yakni angka stunting tidak boleh lebih dari 20 persen.
 
Stunting disebabkan kurang baiknya asupan gizi anak sejak dari kandungan Ibu hingga 1000 hari pertama kehidupan. Penyebabnya tak lain adalah kurangnya asupan nutrisi, tidak diberikannya ASI eksklusif, melewatkan imunisasi, dan kondisi lingkungan yang kurang memadai.
 
“Terima kasih MNC peduli karena dengan adanya penyuluhan ini kita jadi lebih tau tentang kesehatan” ungkap Yanti sebagai salah satu peserta penyuluhan.
 
Pada masa pandemi covid 19, isu stunting harus semakin diperhatikan. Dengan adanya pandemi, ekonomi dunia mengalami penurunan termasuk Indonesia. Ekonomi yang lesu menyebabkan banyaknya pemutusan hubungan kerja hingga penurunan pendapatan yang tentunya akan berpengaruh terhadap pemenuhan gizi anak.
 
Jessica Tanoesoedibjo Ketua MNC Peduli mengungkapkan, “Kami mengetahui ada 251 anak di desa tersebut yang ternyata stunting. Jadi kita datang kesana untuk memberikan sosialisasi  agar semua mengerti bahwa 1000 hari pertama itu paling penting untuk anak-anak ini diberikan gizi yang memadai”.
 
Pada kesempatan ini, MNC Peduli juga mengadakan berbagai kegiatan untuk anak-anak warga setempat dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia. Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan kreatifitas, serta mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dengan menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19

MNC Peduli

iNews Tower lt. 12

MNC Center

Jalan Kebon Sirih kav 17-19

Jakarta Pusat 10340

: (62 21) 3909 103

: (62 21) 3155 079

BANK PENDUKUNG
asd