Menuju Ramadan, MNC Peduli Berbagi dengan Panti Penyandang Disabilitas

Rabu, 9 Maret 2022

KAB. BOGOR - Tidak terasa, kurang dari sebulan, bulan ramadan atau biasa dikenal bulan puasa akan hadir kembali. Pada bulan ini, umat muslim di seluruh dunia biasanya akan berlomba-lomba untuk berbagi kebaikan.

Menuju bulan puasa, tentunya berbagai persiapan kerap dilakukan seperti mempersiapkan kebutuhan pangan untuk melaksanakan sahur dan berbuka puasa.

Untuk itu, MNC Peduli berbagi kebaikan kepada Rumah Azaki dengan memberikan beras pada Rabu (9/3/2022).

Rumah Azaki sendiri adalah panti asuhan terletak di Gunung Putri, Kabupaten Bogor yang menaungi anak-anak berkebutuhan khusus.

"Alhamdulillah ya, MNC Peduli mudah-mudahan dimana pun lebih banyak yang peduli dengan kami. Mudah-mudahan ini menjadi amalan baik, ladang amal dan keberkahan untuk kita semua. Biar lebih banyak di luar sana yang peduli dengan kami," ungkap Pengurus Panti Rehabilitasi Penyandang Disabilitas Rumah Azaki Agus Suprianto, Rabu (9/3/2022).

Agus mengatakan, selama pandemi Covid-19 pihaknya kekurangan donatur untuk memenuhi kebutuhan anak-anak dan lainnya. Sehingga, diharapkan dengan bantuan dari MNC Peduli bisa kembali menggugah para donatur membantu. "Untuk biaya operasional semua berasal dari donatur. Selama pandemi, biaya sehari-hari masih terpenuhi meski agak menurun. Kita tidak bisa menyalahkan, hanya berimbas," katanya.

Agus bercerita panti ini mengurus anak-anak berkebutuhan khusus. Dimana notabenenya merupakan anak yatim piatu dan dhuafa.

"Rumah Azaki ini menampung anak-anak berkebutuhan khusus. Jadi ada anak yang dikirim kita tampung, mereka notabenenya anak yatim piatu, dhuafa, dan mereka kebetulan mempunyai diagnosa yang berbeda ada cerebral palsy, autism, epilepsi, gangguan konsentrasi dan lainnya," jelasnya.

Panti yang sudah berdiri selama 10 tahun ini pun memberikan berbagai aktivitas kepada anak-anak. Mulai dari pendidikan agama, olahraga hingga terapi.

"Kami di sini pagi sampai malam itu ada beberapa tahapan. Untuk yang masih kecil anak-anak (baru) awalan itu hanya terapi atau pembinaan awal. Untuk anak yang sudah bisa masuk kelas itu kita arahkan dari mulai kegiatan pagi, mengaji, senam pagi kemudian diarahkan sekolah," bebernya.

Hal itu tersebut tidaklah mudah dilakukan di tengah keterbatasan kemampuan dari panti. Karena, pada dasarnya semua kegiatan dalam Rumah Azaki ini bersumber dari para donatur tidak tetap.

"Kalau penanganan masih banyak yang harus kita benahi, karena enggak bisa seperti membalikkan telapak tangan harus ada penanganan khusus dan terapi khusus itupun sudah kita lakukan semampu kita. Adapun medis, kita tidak terlalu mengandalkan medis hanya verbal saja kita perlukan untuk menangani mereka," ucap Agus.

MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.